Langsung ke konten utama

Sejarah Android Dan Perkembangannya Lengkap Dari Awal Hingga Sekarang




Android.

Android adalah perangkat lunak (softwere) yang sistem operasinya berbasis linux dengan kode sumber terbuka yang di rancang untuk smartphone, seperti komputer, tablet, dan smartphone, bahkan sekarang mobil, tv, kamera, jam tangan dan perangkat lainya  kebanyakan menggunakan os android.

Android juga di kenal sebagai sistem operasi yang dapat disesuaikan, mudah digunakan, dan memberdayakan lebih dari satu miliar perangkat di seluruh dunia — mulai ponsel, tablet, jam tangan, TV, mobil, dan banyak lagi.


Penemu android.

   (foto andy rubin 2008 di jepang)
Pencipta android adalah Andy Rubin.

Awalnya Andy Rubin mendirikan perusahaan android incorporation, di Palo Alto, California, Amerika Serikat pada bulan Oktober tahun 2003, dengan 4 orang karyawan utama yaitu, Andy Rubin, Rich Miner, Cris White, dan Nick Sears, sebelum akhirnya berhasil menciptakan android.

Lalu pada 17 agustus 2005 google mengakuisisi android incorporation, sejak itu perusahaan android resmi menjadi anak perusahaan dari google incorporation.


Nama android adalah nama nick dari Andy Rubin yang di berikan rekan kerjanya karena kecintaan Andy Rubin terhadap robot.

Situs resmi android "android.com"



                  (Irina Blok 15 september 2013)
Pembuat logo android.

Pembuat logo android adalah Irina Blok, logo android di rancang untuk google pada tahun 2007 oleh desainer grafis Irina Blok.


Inspirasi logo android didapatkan dari simbol manusia yang terdapat pada pintu toilet, dan memodifikasi bentuknya menjadi bentuk robot.




Sejarah.

                   (Prototipe "Quick")
Pada bulan agustus 2005, Google membeli perusahaan android inc, sebuah perusahaan yang dipimpin oleh Andy Rubin, perusahaan yang bekerja untuk perangkat lunak, namun tidak di gunakan untuk perangkat ponsel. 


Saat android inc, di bawah kepemimpinan google baru mulai di kembangkan operasi sistem untuk ponsel yang berbasis linux yang dapat bersaing dengan Symbian dan Windows mobile.


Sebagai pengembangan awal google membuat perangkat android prototipe dengan nama kode "Quick" sebagai ponsel messaging dalam gaya BlackBerry dengan layar kecil (non-sentuh), tombol navigasi, dan keyboard QWERTY.


Saat pembukaan iPhone, Smartphone apel pertama pada bulan januari 2007, di ketahui Andy Rubin berhenti yang menyebabkan terganggunya proyek "Quick".

Kemudian perhatian publik beralih pada perangkat prototipe android baru dengan nama kode "Dream" perangkat touchsscreen dengan keyboard sliding, namun pengembang android mengakui pengguna tidak menyukai ide dari keyboard virtual tersebut. 


kemudian sistem operasi android secara resmi di luncurkan pada 5 November 2007 ( sekarang 5 November di jadikan sebagai hari jadi android) dengan nama android alpha dan android beta namun kedua versi tersebut bersifat tidak komersial.

5 November 2007 juga berdirinya Open Handset Alliance (OHA) sebuah perusahaan yang di kembangkan oleh perusahaan-perusahaan teknologi seperti, Google, HTC, Sony, LG dan lain-lain, yang secara khusus mengembangkan platfrom Android  yang di pimpin oleh Google.

Pada tahun 2008 google menunjukkan bahwa beberapa prangkat android yang berbasis linux sedang diuji dalam persiapan resmi ke publik, Google mengabarkan bahwa hanya satu perangkat "HTC Dream",HTC Dream rencanya di rilis pada T-Mobile USA sebagai G1 T-Mobile pada akhir tahun, yang di targetkan pada musim liburan saat belanja.

Pada tanggal 23 september 2008 akhirnya google dan android inc, merilis android versi 1.0 yang merupakan android komersial (Open sourc) pertamanya.



Ponsel dengan opera sistem android pertama.



HTC Dream adalah smartphone  yang di rilis secara komersial dengan operasi sistem android pertama, HTC  Dream di rilis oleh T-Mobile sebagai T-Mobile G1 dari amerika serikat pada tanggal 20 Oktober 2008 di bagian 3G nya dan rilis di inggris pada bulan november 2008 kemudian tersedia di semua pasar pada tanggal 24 januari 2009,Smartphone ini di kagumi karena disain hardwere yang solid dan kuat.

OS Android 1.6 (donut)

Smartphone ini di kagumi karena disain hardwere yang solid dan kuat, dream memiliki berat 158 gram dengan ukuran 3,2 inci, yang menggunakan layar sentuh corning gorila glass, smartphone ini di bekali kamera 3,15mp dengan auto fokus dan menggunakan RAM 192mb dengan batrai 1150mah yang dapat menahan  406 jam standby.

NOTE: Pada bulan April 2009, T-Mobile mengumumkan bahwa mereka telah menjual lebih dari satu juta G1 di Amerika Serikat, akuntansi untuk dua pertiga dari perangkat pada jaringan 3G. AdMob diperkirakan Maret 2009 bahwa Android dan G1 telah mencapai pangsa pasar dari 6 % di Amerika Serikat.

Ponsel berbasis android pertama yang masuk indonesia



















HTC Magic adalah ponsel pertama yang masuk indonesia, HTC Magic adalah generasi lanjutan dari HTC Dream (ponsel android pertama), ponsel ini pertama kali di jual untuk pasar indonesia pada pertengahan bulan 6 tahun 2011.

HTC Magic menggunakan os android dengan v 1.6 (donat) dengan di bekali chpset Qualcomm MSM720A yang berkecepatan 528 MHz dengan RAM 288MB dan internal sebesar 512MB, dan kamera 3.15MP dengan kemampuan autofokus, HTC Magic dibekali batrai li-Ion dengan kapasitas 1340Mah yang dapat menahan 420 jam waktu standby.

HTC Magic di tujukan bagi pecinta multimedia, entertaiment, dan internet yang tidak ingin dibatasi aplikasi, hal tersebut di ungkapkan oleh Peter Chou, CEO HTC Corporation saat peluncuran di jakarta.+


Lisensi android.

Kode sumber untuk Android tersedia di bawah lisensi perangkat lunak sumber terbuka dan bebas, ini memungkinkan pengguna android untuk mengkustomisasi perangkatnya secara ekstensif, aplikasi juga tersedia dari pihak situs-situs pihak ke tiga yang non-Google.

Meskipun bersifat terbuka, produsen perangkat tidak bisa menggunakan merek dagang Android Google seenaknya, kecuali Google menyatakan bahwa perangkat tersebut sesuai dengan Compatibility Definition Document (CDD) mereka. Perangkat juga harus memenuhi lisensi persyaratan aplikasi sumber tertutup Google, termasuk Google Play.


Pengembangan android.

Android dikembangkan secara pripadi oleh Google sampai perubahan terbaru dan pembaruan siap dirilis bersama dengan kode sumber yang di ungkapkan ke publik, Opon Handset Alliance mengembangkan perubahan karnel linux dengan kode sumber terbuka yang di publikasikan setiap saat, selebihnya android di kembangkan secara pribadi oleh google,


Tujuan di buatnya android.

Tujuan awal pengembangan Android adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang diperuntukkan bagi kamera digital, namun kemudian disadari bahwa pasar untuk perangkat tersebut tidak cukup besar, lalu pengembangan Android dialihkan bagi pasar telepon pintar.


Pengguna os android.

Pada  bulan maret 2013 android menguasai pasar telpon pintar global dengan presentase 64%, pada Juli 2013, terdapat 11.868 perangkat Android berbeda dengan beragam versi, dan pada bulan agustus 2016 android berkontribusi sebagai os smartphone sebesar 87,6%,  data di dapat dari idc.com (ini menegaskan bahwa android menjadi os no 1 paling di gemari di seluruh dunia)



Tabel di bawah ini menampilkan data presentasi mengenai jumlah perangkat android yang di gunakan dan di jalankan sebagai platfrom android hingga tangga l 9 September 2014, sumber android developer.

VersionCodename  APIDistribusi 
2.2Froyo80.1%
2.3.3 -
2.3.7
Gingerbread101.5%
4.0.3 -
4.0.4
Ice Cream Sandwich151.4%
4.1.xJelly Bean165.6%
4.2.x177.7%
4.3182.3%
4.4KitKat1927.7%
5.0Lollipop2113.1%
5.12221.9%
6.0Marshmallow2318.7%



Sejarah rilis android.


Android berdasarkan versi tanggal rilis dan kode nama (sebutan)

Versi Android              Tanggal rilis           Sebutan

1.0                                                23 september 2008               Belum ada sebutan

1.1                                                9  Februari 2009                  Petit Four (tidak resmi)


Versi ini adalah rilis pertama yang secara resmi menggunakan kode nama berdasarkan nama-nama makanan pencuci mulut "cupcake" yang kemudian digunakan untuk semua versi rilis selanjutnya.

1.5                                                30 April 2009                       Cupcake


1.6                                                15 September 2009               Donut


2.0                                                26 Oktober 2009                  Eclair
2.0.1                                             3 Desember 2009                  Eclair
2.1                                                12 januari 2010                    Eclair


2.2                                                20 mei 2010                          Froyo (Frozen yogurt)
2.2.1                                             18 januari 2011                     Froyo (Frozen yogurt)
2.2.2                                             22 Januari 2011                     Froyo (Frozen yogurt)
2.2.3                                             21 November 2011                 Froyo (Frozen yogurt)


2.3                                                6 Desember 2010                   Gingerbread
2.3.1                                              Desember 2010                     Gingerbread
2.3.2                                              Januari 2010                        Gingerbread
2.3.3                                              9 Februari 2011                    Gingerbread
2.3.4                                              28 April 2011                        Gingerbread
2.3.5                                              25 Juli 2011                          Gingerbread
2.3.6                                              26 September 2011                Gingerbread
2.3.7                                              21 September 2011                Gingerbread


Versi ini adalah versi android pertama yang di tujukan hanya untuk komputer tablet.

3.0                                                 22 Februari 2011                   Honeycomb
3.1                                                 3 Mei 2011                            Honeycomb
3.2                                                 15 Juli 2011                           Honeycomb
3.2.1                                              20 September 2011                 Honeycomb
3.2.2                                              30 Agustus 2011                     Honeycomb
3.2.3                                                                                            Honeycomb
3.2.4                                              Desember 2011                       Honeycomb
3.2.5                                              Januari 2012                          Honeycomb
3.2.6                                              Februari 2012                        Honeycomb


Ice Cream Sandwich adalah versi terakhir yang mendukung adobe flash player.

4.0                                                 9 Oktober 2011                      Ice Cream Sandwich
4.0.1                                              21 Oktober 2011                     Ice Cream Sandwich
4.0.2                                              28 November 2011                  Ice Cream Sandwich
4.0.3                                              16 Desember 2011                   Ice Cream Sandwich
4.0.4                                              29 Maret 2012                        Ice Cream Sandwich


4.1                                                 9 Juli 2012                             Jelly Bean
4.1.1                                              23 Juli 2012                            Jelly Bean
4.1.2                                              9 Oktober 2012                       Jelly Bean
4.2                                                 13 November 2012                  Jelly Bean
4.2.1                                               27 November 2012                 Jelly bean
4.2.2                                               11 Februari 2013                   Jelly Bean
4.3                                                  24 Juli 2013                           Jelly Bean
4.3.1                                               3 Oktober 2013                     Jelly Bean
4.4                                                  31 Oktober 2013                    KitKat
4.4.1                                               5 Desember 2013                   KitKat
4.4.2                                               9 Desember 2013                   KitKat
4.4.3                                               2 Juni 2014                             KitKat
4.4.4                                               19 Jini 2014                            KitKat


5.0                                                  12 November 2014                Lolipop
5.0.1                                               12 Desember 2014                 Lolipop
5.0.2                                               19 Desember 2014                 Lolipop
5.1                                                   9  Maret 2015                        Lolipop
5.1.1                                                21 April 2015                         Lolipop

6.0                                                   5 October 2015                      Mrshmallow
6.0.1                                                7 Desember 2015                   Mrshmallow

7.0                                                    22 Agustus 2016                    Nougat
7.1                                                    4 Oktober 2016                     Nougat


Masing-masing versi android dirilis sesuai dengan urutan alfabet, yakni Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0–2.1), Froyo (2.2–2.2.3), Gingerbread (2.3–2.3.7), Honeycomb (3.0–3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4), Jelly Bean (4.1–4.3), KitKat (4.4+), Lollipop (5.0+), Marshmallow (6.0)Pada tanggal 3 September 2013.


Fitur dasar android.

1. Bersifat open-source atau terbuka.

2. Setiap orang dapat menyesuaikan platfrom  androidnya.

3. Ada banyak game dan aplikasi untuk pengguna.

4. Tersedia banyak fitur yang menarik seperti rician cuaca, kunci layar dan lain lain.


Kategori aplikasi dan game android yang paling banyak.


  • Hiburan.
  • alat.
  • Komunikasi.
  • Produktifitas.
  • Personalisasi.
  • Musik dan Audio.
  • Sosial.
  • Media dan Video.
  • Wisata dan lain-lain.
 Android sisi lain.

Android dengan cepat tumbuh menjadi sistem operasi telepon pintar yang paling banyak digunakan, dan menjadi salah satu sistem operasi seluler tercepat yang pernah ada.

Meskipun Android sangat populer, dengan tingkat aktivitasi perangkat tiga kali lipat lebih tinggi dari iOS ada laporan bahwa Google belum mampu memanfaatkan produk mereka secara maksimal, dan layanan web akhirnya mengubah android menjadi penghasil uang.

Banyak media berpendapat bahwa Google telah kehilangan kontrol terhadap Android karena luasnya kustomisasi yang bisa dilakukan oleh pengguna dan pengembang.

Andy Rubin yang menduduki sebagai kepala devisi Android di gantikan pada bulan maret 2013, Andy Rubin disalahkan karena gagal dalam membangun kemitraan yang sehat dengan para produsen ponsel.

Pemimpin produk-produk Android di pasar global adalah samsung salah satu produknya adalah, Galaxy, berperan penting dalam pengenalan merek Android sejak tahun 2011.

produsen ponsel Android LG, HTC, dan Motorola Mobility milik Google, telah berjuang keras untuk memasarkan produknya sejak tahun 2011, ironisnya, di saat Google tidak mendapatkan apapun dari hasil penjualan produk Android secara langsung, Microsoft dan Apple malah berhasil memenangkan gugatan atas pembayaran royalti paten dari produsen perangkat Android.

Baik Android maupun produsen ponsel Android telah terlibat dalam berbagai kasus hukum paten, bahkan Google secara terbuka menyatakan kefrustrasiannya dalam menghadapi gugatan pelanggaran paten di Amerika Serikat, (baca dari sumber lebih lainjut ''computerworld", ''reuturs",)

Sumber refrensi:  



Terimakasih telah membaca artikel ini.

Jika ada saran, pertanyaan atau kritik anda bisa menulisnya melalui kolom komentar di bawah.

Komentar

  1. Semangat Pagi

    Apakah kasus pada gadget nya sudah teratasi ?
    Kami juga menyediakan konsultasi menyelesaikan gadget *GRATIS*
    Dari pengalaman 5000 Konsumen dalam 1 Tahun.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Kelebihan Dan Kekurangan Opera Mini Browser Yang Wajib anda tau

Web browser adalah perangkat lunak (softwere) yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan informasi dalam bentuk gambar,teks,vidio,audio atau dalam bentuk konten yang lainya " wikipedia ". Meskipun tujuan utama browser adalah untuk pengaksesan internet, browser web juga bisa di gunakan untuk mengakses informasi yang di sediakan oleh server web dalam bentuk berkas atau jaringan pribadi. Jika kita ingin menggunakan web browser tentu kita ingin tau kelebihan dan kekurangan browser web yang hendak kita gunakan !!. Opera mini adalah sebuah aplikasi gratis yang ditujukan sebagai penjelajah web yang dirancang khusus untuk ponsel, opera mini di rilis pertama pada 10 agustus 2005 oleh Opera softwere . Saya akan membrikan informasi kelebihan dan kekurangan dari Opera browser android. Informasi ini saya dapatkan saat melakukan pengamatan dan pengalaman saat menggunakan Opera browser android. Pembaruan terakhir 5 Oktober 2016 . KELEBIHAN 1. Kompres atau pangka

10 Kelebihan Dan Kekurangan UC Browser Android Yang Wajib Anda Tau

Web browser adalah perangkat lunak (softwere) yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan informasi dalam bentuk gambar,teks,vidio,suara atau dalam bentuk konten yang lainya, " wikipedia ". Meskipun tujuan utama browser web adalah untuk pengaksesan internet, browser web juga bisa di gunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web dalam bentuk berkas  atau jaringan pribadi. Jika kita ingin menggunakan web browser tentu kita ingin tau kelebihan dan kekurangan  browser web yang hendak kita gunakan !!. UC Browser adalah penyedia teknologi internet mobile (UCWEB Inc) yang berdiri sejak 2004,  misi UCWEB adalah memberikan pengalaman internet yang lebih baik untuk seluruh orang dunia. Disini saya akan memberi informasi kelebihan dan kekurangan dari browser web: UC Browser Android yang mana informasi ini saya dapat dari pengamatan dan pengalaman saat menggunakan UC Browser. www.ucweb.com KELEBIHAN 1. Kompres atau pangkas data saat browsing.

Ponsel Operasi Sistem Android Pertama Kali Masuk Indonesia

Android adalah  perangkat lunak (softwere) yang sistem operasinya berbasis linux dengan kode sumber terbuka yang di rancang untuk smartphone, seperti komputer, tablet, dan smartphone. Android sekarang menjadi sistem operasi yang paling banyak di gunakan, berdasarkan data dari  International Data Corporation ( IDC )  Pengguna os android hingga agustus 2016 mencapai 87.6% dari semua os, dengan samsung sebagai brand yang paling banyak di gunakan. Sejarah               (Prototipe "Quick") Pada bulan juli 2005, Google membeli perusahaan android inc , sebuah perusahaan yang didirikan di Palo Alto, California, pada bulan Oktober 2003 oleh  Andy Rubin , perusahaan yang bekerja untuk perangkat lunak, namun tidak di gunakan untuk perangkat ponsel.  Saat android inc, di bawah kepemimpinan google baru mulai di kembangkan operasi sistem untuk ponsel yang berbasis linux yang dapat bersaing dengan Symbian dan Windows mobile. Sebagai pengembangan awal andorid inc, dan goog